Cara Memilih Bakalan Burung Murai Batu Berkualitas

Cara Memilih Bakalan Burung Murai Batu Berkualitas - Burung murai batu adalah salah satu jenis burung kicau yang mempunyai tubuh yang mungil dan mempunyai ekor yang panjang, walaupun begitu burung ini mempunyai suara yang merdu sekaligus mempunyai harga jual yang lumayan tinggi sehingga sekarang ini banyak orang yang mulai tertarik untuk menernaknya atau hanya sekedar memeliharanya.

Bagi para pemula yang mau memulai memelihara burung murai batu dari bakalan harus memperhatikan beberapa aspek, karena beberapa aspek itu bisa berpengaruh setelah dewasa nanti, bagi kalian yang belum tahu cara memilih bakalan yang berkualitas, saya akan memberikan tips memilih bakalan burung murai batu, dan semoga ini bisa menjadi referensi untuk kalian semua.

  1. Dilihat dari kakinya
  2. Belilah bakalan murai batu yang memiliki kaki berwarna hitam, karena dipercaya mempunyai mental yang berani. tapi pelu diperhatikan juga jangan membeli murai batu yang kuku belakang atau kelingkingnya berwarna tidak sejenis karena mempunyai sifat yang labil.
  3. Dilihat dari matanya
  4. Saat memilih burung murai batu jangan memilih burung yang dibagian bola matanya terdapat selaput berwarna putih karena bisa jadi itu penyakit katarak dan mempunyai resiko kebutaan.
  5. Dilihat dari ekornya
  6. Disaat memilih murai batu pilihlah yang mempunyai ekor rapat dan juga tidak terlalu tebal karena ekornya itu mudah dimainkan. dan jangan memilih murai batu yang mempunyai ekor yang bercabang atau juga menggunting karena mempunyai mental yang labil.
  7. Dilihat dari bulu dadanya
  8. Warna bulu dada pada burung murai batu dipercaya bisa berpengaruh pada cepat lambatnya burung itu berbunyi, untuk yang ingin cepat berbunyi pilihlah burung murai batu yang memiliki warna bulu dada yang kekuningan karena selain bisa cepat berbunyi juga cepat jadinya.
  9. Dilihat dari tingkah lakunya
  10. Apabila burung murai batu itu dipegang kemudian menjerit dan berusaha ingin mematuk artinya burung itu mempunyai mental atau sifat yang berani.
  11. Dilihat dari bentuk kepalanya
  12. Burung murai batu yang mempunyai mental tempur yang baik ditandai dengan bentuk kepala yang kotak, matanya bulat dan melotot.
  13. Dilihat dari sayapnya
  14. Untuk melihat sehat tidaknya burung murai batu itu bisa dilihat dari sayapnya, jika murai batu mempunyai sayap yang rapat dan kaki mencengkeram kuat itu artinya burung itu sehat.
  15. Dilihat dari paruhnya
  16. Jika dilihat dari paruhnya pilihlah yang mempunyai paruh berpangkal lebar, besar, tebal, panjang dan juga pada bagian bawah paruh lurus.
  17. Dilihat dari postur tubuhnya 
  18. Dalam memilih burung murai batu menurut postur tubuhnya, pilihlah yang bespostur sedang yang mempunyai leher, badan, dan ekor panjang serta juga kaki yang sama atau serasi.
Baiklah mungkin cuma ini cara yang saya berikan untuk memilih bakalan burung murai batu, semoga bisa berguna untuk kalian semua,

0 Response to "Cara Memilih Bakalan Burung Murai Batu Berkualitas"

Posting Komentar